Kamis, 03 Oktober 2013

Contoh Essay : Classroom Blogging untuk Meningkatkan Pengetahuan Siswa


Masih Tahap Belajar :) 

CLASSROOM BLOGGING UNTUK MENINGKATKAN PENGETAHUAN SISWA

Bidang pendidikan merupakan salah satu bidang yang menjadi fokus pemerintah Indonesia untuk terus dikembangkan supaya tumbuh cikal bakal atau generasi bangsa yang berpotensi membangun bangsa ke arah yang lebih maju. Kemajuan pendidikan yang diharapkan tersebut tidak terlepas dari kemajuan teknologi tentunya. Sebagaimana teknologi itu sendiri sudah merambah di segala bidang, termasuk bidang pendidikan. Teknologi dapat memberikan manfaat yang begitu besar jika digunakan dengan tepat. Salah satu teknologi yang sekarang ini sudah dikenal hampir seluruh masyarakat indonesia adalah teknologi internet. Jika kita terkoneksi ke internet,  kita dapat melihat dunia, meskipun hanya duduk berdiam diri di rumah. Artinya, batas antar negara menjadi hilang saat masuk ke internet. Tidak perlu jauh-jauh ke amerika jika hanya ingin mengetahu bagaimana bentuk patung Liberty. Tidak perlu membuat paspor dan tidak perlu membeli tiket pesawat yang mahal untuk pergi ke sana. Dengan internet, segala informasi dapat diketahui. Salah satu media yang dapat diakses melalui internet adalah blog.
Blog bisa menjadi media yang efektif untuk menambah pengetahuan siswa. Akan tetapi pemanfaatan blog sebagai media pembelajaran lebih banyak dimanfaatkan oleh mahasiswa. Walapun tidak memiliki blog, tapi pada umumnya materi yang dibutuhkan mahasiswa banyak tersedia di blog orang lain. Sementara pemanfaatan blog di level pelajar masih sangat minim. Sebagian besar pelajar lebih mengenal facebook dan twitter sebagai sosial media yang membuat mereka bisa mengenal banyak orang dan menceritakan segala aktivitasnya di sana. Blog pun sebenarnya juga demikian. Pemilik blog dapat mengupload apapun sesuai keinginan mereka. Akan tetapi jika dikaitkan ke materi pembelajaran, lebih efektif penggunaan blog dibandingkan facebook dan twitter. Banyak orang dari seluruh dunia yang memunculkan materi pelajaran di blog daripada facebook dan twitter. Dengan adanya pembuatan blog, siswa lebih mudah tertaut ke blog-blog orang lain yang lebih fasih dalam pelajaran tertentu. Blog-blog setiap siswa juga bisa dihubungkan dengan blog guru dan teman-teman lainnya yang dikenal dengan Classroom Blogging. Siswa dapat bertanya kepada guru kapanpun dan dimanapun di luar jam pelajaran. Dengan demikian, tujuan pembuatan classroom blogging ini adalah dapat membuat siswa lebih rajin untuk berpartisipasi dalam suatu pembelajaran baik di dalam maupun di luar kelas.
            Istilah blog atau blogging muncul dari adanya tindakan pengeposan/pencatatan pada sebuah jurnal online. Kebanyakan penulis setuju bahwa blog merupakan suatu situs web yang sering diperbaharui, yang terdiri atas berbagai posting, komentar yang ditanggali secara terurut berkebalikan.[5] Jika ditelurusi lagi, banyak jenis blog yang sering digunakan di Indonesia, dua diantaranya adalah blogspot.com dan wordpress.com. Pembuatan akun di kedua jenis blog ini bebas biaya. Hal ini tentunya sangat membantu.
Classroom blogging dijalankan dengan diadakannya pembuatan blog bagi setiap siswa dan guru mata pelajaran. Bahkan jika perlu, dibuat pula blog kelompok dan blog kelas. Setiap siswa dapat memposting hasil karyanya, tugas-tugas yang secara individu diberikan oleh guru, tugas-tugas yang dikerjakan secara berkelompok di posting di blog milik kelompok, dan hasil karya kelas dapat dituliskan di blog milik kelas. Sementara blog guru dapat diisi materi-materi yang dipelajari setiap pertemuan, tugas-tugas untuk dikerjakan oleh siswa, dan penyampaian pesan dan kesan di setiap kegiatan pembelajaran yang telah dilakukan sebagai arahan untuk memperbaiki kesalahan dan memberi semangat bagi siswa untuk terus berpacu dalam meningkatkan pengetahuannya. Classroom blogging di ciptakan sedemikian rupa untuk memudahkan siswa berinteraksi dengan guru, teman-teman kelasnya dan masyarakat luas. Jadi ada tiga jenis interaksi yang timbul yaitu antara guru dengan siswa, siswa dengan siswa lainnya dan siswa dengan masyarakat.  
Selain posting dan komentar, pemilik akun juga bisa melihat statistik penayangan, yaitu berapa orang yang membuka blog hari ini, minggu lalu, bulan lalu, tahun lalu, maupun total penanyangan selama ini. Ternyata tidak hanya itu, berapa orang yang berada di walayah tertentu (kanada misalnya) yang membuka blog kita pun dapat diketahui. Betapa bangganya kita ketika postingan kita sering diakses oleh orang luar negeri. Guru dapat menerapkan andalan teori pembelajaran behavioristik, yaitu pemberian reward. Reward akan diberikan kepada siswa dan kelompok dengan kategori postingan terbaik yang kemudian di muat kembali di blog milik kelas.
Meskipun demikian, classroom blogging ini punya kelemahan. Pertama, Pengguna diharuskan terhubung ke internet. Artinya, hal ini menjadi kendala bagi siswa yang kurang mampu tentu tidak memiliki komputer, laptop dan handphone yang dilengkapi dengan jaringan internet. Kemudian yang kedua, kurang populernya blog di kalangan pelajar bahkan guru-guru yang kurang paham terhadap ICT adalah sebuah hambatan yang perlu difikirkan kembali. Dan yang ketiga, materi-materi yang dipost di blog masih diragukan kevalidannya, karena siapa saja (termasuk yang bukan ilmuan) dapat menulis di blog.
Cara mengatasinya adalah jangan menerapkan sistem ini secara total apabila murid-murid di kelas itu masih banyak yang belum memiliki laptop, komputer, handphone ataupun peralatan elektronik lainnya yang bisa terhubung ke internet. Cukup perkenalkan saja mereka dengan apa sih blog itu dan bagaimana blog itu sendiri dapat meningkatkan pengetahuan mereka. Karena walaupun mereka tidak memiliki peralatan dan tidak memiliki blog, mereka bisa membuka blog orang lain untuk mencari informasi di laboratorium komputer sekolah atau jika mereka sesekali pergi ke warung internet. Bagi guru yang belum paham dengan ICT, sebaiknya dipelajari kembali secara bertahap. Guru dapat meminta bantuan orang yang ahli dibidangnya untuk belajar atau jangan segan bergabung dengan anak muda yang pada umumnya senang dengan internet.  Dengan cara itu, setidaknya guru dapat mengikuti perkembangan teknologi secara perlahan dan memanfaatkannya dalam bidang pendidikan. Dan terakhir masalah kevalidan memang benar adanya. Siapapun bisa membuat blog, memposting isi blog sembarangan. Tapi yang perlu diingat adalah, kita mempunyai kelas formal di sekolah. Bahan belajar dari blog orang lain dapat dijadikan referensi tambahan dan bahan diskusi. Guru sebagai orang yang ahli dalam bidang tertentu, akan mengerti dan mampu meluruskan apabila dalam diskusi didapati ada pemahaman siswa yang menyimpang. 
Seperti yang telah diulas sebelumnya, peran teknologi memang penting dalam dunia pendidikan. Berbagai manfaat bisa didapatkan dari penggunaan internet, khususnya blog, dengan menerapkan model classroom blogging. Meski sangat bermanfaat, tapi ada juga beberapa kelemahan yang dimiliki model classroom blogging, diantaranya terkendala bagi siswa yang tidak memiliki perangkat yang bisa terhubung ke internet, kurang populernya blog di kalangan siswa dan bahkan guru dan kevalidan materi-materi yang diunggah di blog itu sendiri. Tapi hal ini tentunya dapat diatasi. Dengan demikian, penggunaan blog dapat dimanfaatkan secara maksimal agar dapat bermanfaat dalam dunia pendidikan, yaitu dapat menjadi sumber informasi tambahan bagi siswa sehingga wawasan dan pengetahuan mereka menjadi lebih luas. 

English Version , silahkan kunjungi http://dgustina-chelo.blogspot.com/2013/10/contoh-essay-classroom-blogging-for.html dan beri komentar untuk kesalahan grammar dll :)

References :
[1]Burn, S. And Cox B in Azizah, M. N. (2011, February 08). Efektivitas Penggunaan Metode Pembelajaran Student Centered Learning Berbasis Classroom Blogging untuk Meningkatkan Hail Belajar Siswa SMA. Be quoted October 01, 2013, from http://cs.upi.edu/uploads/paper_skripsi_dik/EFEKTIVITAS%20PENGGUNAAN%20METODE%20PEMBELAJARANSTUDENT%20CENTERED%20LEARNING%20BERBASIS%20CLASSROOM%20BLOGGING%20UNTUK%20MENINGKATKAN%20HASIL%20BELAJAR%20SISWA%20SMA(maryamnur%20azizah%20%200608624).pdf

2 komentar:

  1. Best Casinos Online that accept US players
    Top 10 Casinos that Accept PayPal · 1. Wild Casino (100% up to 인터넷 바카라 $500 + 벳 매니아 200 FS) · 2. you bet Play for Free 로투스 바카라 중계 (100% deposit bonus + 200 Free Spins) · 룰렛 3.

    BalasHapus
  2. Borgata Hotel Casino & Spa Map & Floor Plans - MapyRO
    The Borgata Hotel Casino & 울산광역 출장안마 Spa is a luxury hotel and casino on The Strip that 영천 출장안마 is located 거제 출장샵 in 경상북도 출장마사지 Atlantic 상주 출장안마 City, New Jersey and is close to the city's Boardwalk

    BalasHapus